Subscribe to Comments

SELAMAT DATANG *** SUGENG RAWUH *** WILUJEUNG SUMPING *** MARHABAN *** HORAS *** WELCOME ***
“MASA DEPAN BUKANLAH SUATU TEMPAT, MELAINKAN SUATU KEADAAN YANG SEDANG KITA CIPTAKAN. MULAILAH MENCIPTAKAN IMPIAN MASA DEPAN MELALUI HATI, PIKIRAN DAN KEMUDIAN MEWUJUDKANNYA MELALUI USAHA KERAS DAN CERDAS.” Eko Jalu Santoso, Founder Motivasi Indonesia

Khasiat Bunga Melati

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk melati adalah Menuh (Bali), Meulu cut atau Meulu China (Aceh), Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI)serta Malete (Madura).

Selain digunakan sebagai hiasan pengantin atau sebagai campuran minum teh, melati juga bermanfaat untuk berbagai keperluan. Kandungan kimia dalam bunga dan daunnya seperti indol, benzyl, livalylacetaat, terbukti efektif untuk pengobatan beberapa penyakit, diantaranya :

Radang Usus.
Caranya ambil satu genggam daun melati poncosuda (nama lain melati hutan atau melati gambir), rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas, saring, minum 2 kali sehari.

Radang Ginjal
Caranya ambil 15 gram daun kering melati poncosuda, rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal segelas. Minum 2 kali sehari sampai air kencing yang keruh menjadi normal.

Menghentikan ASI yang Berlebihan
Caranya ambil satu genggam bunga melati, cuci bersih, tumbuk halus, beri sedikit air, oleskan pada kedua payudara, kecuali puting (lakukan dengan hati-hati). Diamkan sampai kering, lalu lap dengan handuk yang sudah diberi air hangat. Terakhir, bersihkan dengan handuk yang telah diberi air dingin.

Demam, Pilek, dan Diare
Caranya ambil bunga melati 4 gram, teh hijau 4 gram, kapulaga 3 gram, cuci bersih semua bahan, rebus dengan air 1,5 gelas, hingga tinggal 1 gelas. Minum sehari sekali selama 3-7 hari.

Sakit Mata (Mata Merah dan Belekan)
Caranya ambil satu genggam daun melati, cuci bersih, tumbuk halus, beri sedikit air, tempelkan pada kening dekat mata. Lakukan sehari 2 kali selama 3 hari.

Sesak Napas
Caranya ambil 3 gram bunga melati kering, 3 kuntum bunga kenanga, 2 sendok gula pasir, cuci bersih, rebus dengan 400 cc air hingga tinggal separuhnya, saring, minum 2 kali sehari.

Bengkak akibat serangan lebah
Caranya, ambil 1 genggam bunga melati, remas-remas sampai halus, kemudian tempelkan pada bagian yang tersengat lebah.

Sumber : obat tradisoinal, kompas.com

Posting berkaitan dengan :



5 komentar:

produk perawatan kulit mengatakan...

baru tau juga nih,.
he2,.. gak rugi dah mampir baca

Dewi TLL mengatakan...

Bunga melati ini ternyata banyak khasiat obatnya.

Benda Mustika mengatakan...

bagaimana dengan teh yang sudah di campur dengan bunga melati..apakah masih tetap memiliki khasiat nya mas??

Dian mengatakan...

saya baru tahu kalau bunga melati bisa dikonsumsi dan banyak manfaatnya. Terima kasih, infonya sangat bermanfaat.

Janti mengatakan...

Wih bunga melati selain harum juga berguna ya...

Posting Komentar