Subscribe to Comments

SELAMAT DATANG *** SUGENG RAWUH *** WILUJEUNG SUMPING *** MARHABAN *** HORAS *** WELCOME ***
“MASA DEPAN BUKANLAH SUATU TEMPAT, MELAINKAN SUATU KEADAAN YANG SEDANG KITA CIPTAKAN. MULAILAH MENCIPTAKAN IMPIAN MASA DEPAN MELALUI HATI, PIKIRAN DAN KEMUDIAN MEWUJUDKANNYA MELALUI USAHA KERAS DAN CERDAS.” Eko Jalu Santoso, Founder Motivasi Indonesia

Update Firefox 3.5 di Ubuntu Bagian II (Menggunakan file firefox-3.5.tar.bz2)


Menyambung postingan sebelumnya, update firefox 3.5 Shiretoko di ubuntu, dipostingan terdahulu dijelaskan cara melakukan install/update Firefox 3.5 tanpa menggunakan file download-an dari mozilla, yaitu dengan menggunakan perintah-perintah dari terminal, cara tersebut mengharuskan kita sudah terhubung ke internet tanpa harus mendownload file firefox-3.5.tar.bz2 dari mozilla. Akan tetapi bagi yang sudah terlanjur mendownload file tersebut dan masih belum bisa menggunakannya atau yang masih bingung menjalankan cara-cara diatas, bisa mencoba cara ini untuk memanfaatkan file firefox-3.5.tar.bz2 yang terlanjur kita downlaod tersebut.
Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan, seperti yang saya dapat dari sini
1. Bagi yang belum punya file firefox-3.5.tar.bz2 silahkan download terlebih dahulu dari mozilla.

2. Extract file firefox-3.5.tar.bz2 tersebut.Bisa dengan cara klik kanan file tersebut kemudian klik Extract Here atau dari terminal (kalo tidak ada Extract Here) dengan mengetik $ tar -xjf firefox-3.5.tar.bz2

3. Akan terdapat sebuah folder baru bernama firefox, kemudian ganti namanya menjadi firefox-3.5

4. Buka File Browser dengan akses root privileges, dengan cara buka terminal dan ketik $ sudo nautilus

5. Masuk ke File System -> usr -> lib ( /usr/lib/ ) and copy folder Firefox-3.5 hasil extract tadi kedalamnya.(apabila anda telah melakukan update firefox 3.5 Shiretoko di ubuntu yang dahulu, silahkan di replace saja jika muncul konfirmasi.

6. Buka folder firefox-3.5 dan cari file firefox

7. Klik kanan file firefox tadi dan pilih Make Link hingga muncul file baru Link to firefox

8. Cut dan paste file Link to firefox ke File System -> usr -> bin ( /usr/bin/ )

9. Jika sebelumnya sudah ada file bernama firefox, gantilah dengan nama yang lain, kemudian ganti file Link to firefox menjadi firefox.

10. Tutup file browser.

Semua langkah selesai, silahkan tutup firefox-nya dan buka kembali (Applications => Internet => Firefox Web Browser), maka firefox 3.5 sudah siap digunakan. Dan berdasarkan pengalaman saya, cara kedua ini lebih mudah daripada cara yang pertama dulu.

Posting berkaitan dengan :



0 komentar:

Posting Komentar