Subscribe to Comments

SELAMAT DATANG *** SUGENG RAWUH *** WILUJEUNG SUMPING *** MARHABAN *** HORAS *** WELCOME ***
“MASA DEPAN BUKANLAH SUATU TEMPAT, MELAINKAN SUATU KEADAAN YANG SEDANG KITA CIPTAKAN. MULAILAH MENCIPTAKAN IMPIAN MASA DEPAN MELALUI HATI, PIKIRAN DAN KEMUDIAN MEWUJUDKANNYA MELALUI USAHA KERAS DAN CERDAS.” Eko Jalu Santoso, Founder Motivasi Indonesia

Update Firefox 3.5 Shiretoko di ubuntu


Mozilla Firefox 3.5 final ternyata telah resmi di release 30 Juni 2009 lalu dan tersedia di internet untuk di download. Beberapa dari kita mungkin lebih memilih menggunakan Firefox ketimbang browser lainnya, karena kecepatan dan keamanannya disertai fasilitas fitur tambahan lewat add-on, kalo menurut saya sih sama saja, kayaknya browser apapun sama saja, terutama untuk kecepatan semua tergantung komputer dan koneksi internet yang kita gunakan, namun terkadang ada juga yang fanatik menggunakan suatu browser terntentu.

Dan apabila anda pengguna firefox, sekarang sudah saatnya untuk melakukan update ke versi 3.5. karena banyak fitur baru yang ditawarkan. Salah satu yang baru adalah TraceMonkey JavaScript engine, yang menawarkan peningkatan kecepatan dibandingkan versi 3.0. Menurut Mozilla, jika dibandingkan versi 3.0, Firefox 3.5 ini 2x lebih cepat, dan 10x lebih cepat dibandingkan versi 2.0. Namun benchmark memperlihatkan Firefox - dalam kinerja Javascript – masih di bawah Chrome milik Google dan Safari-nya Apple. Yang diunggulinya adalah Internet Explorer milik Microsoft. Fitur-fitur baru lainnya adalah URL baru yang lebih responsif, memori yang tidak begitu rakus, fitur private browsing, tab-tab yang lebih baik dan restore sesi, fitur anti-malware dan anti-phishing yang telah diperbarui, plus dukungan profil warna yang lebih baik agar imaji bisa tampil lebih tajam dan jernih. Selain itu tentu ada lebih banyak add-on – lebih dari 6000 - untuk si browser baru. (Sumber : Kompas Tehno),

Sedangkan menurut detikinet.com beberapa fitur baru dalam Firefox 3.5 adalah:
* Engine Javascript baru untuk akses aplikasi web yang lebih cepat
* Menampilkan video di halaman web tanpa membutuhkan plug-in
* Modus browsing tersembunyi (Private Browsing)
* Font yang bisa diunduh untuk halaman web
* Teknologi geolocation yang memungkinkan halaman situs mengetahui lokasi fisik pengguna.

Fitur lainnya dapat juga anda lihat di republika.co.id

Bagi pengguna Sistem operasi Windows mendownload dan install Firefox 3.5 adalah hal yang sangat mudah,tinggal download dari mozilla namun bagi pengguna Ubuntu Linux terlebih lagi mereka adalah pengguna baru seperti saya ini, ternyata susah-susah gampang. Saya pernah download file firefox-3.5.tar.bz2, dari mozilla, tapi saya tidak bisa menggunakannya (biasanya cuma install pake file deb yang tinggal double klik, he he he). Kemudian cari-cari referensi blog dan ketemu disini, saya coba langkah-langkahnya seperti berikut ini :

1. Buka terminal dan lakukan perintah berikut ini:
echo ‘deb http://ppa.launchpad.net/ubuntu-mozilla-daily/ppa/ubuntu jaunty main’ >> /etc/apt/sources.list

echo ‘deb-src http://ppa.launchpad.net/ubuntu-mozilla-daily/ppa/ubuntu jaunty main’ >> /etc/apt/sources.list

2. Tambahkan Launchpad PPA GPG key:
sudo apt-key adv –keyserver keyserver.ubuntu.com –recv-keys 247510BE

3. Sekarang lakukan perintah berikut ini pada terminal anda:
sudo apt-get update && sudo apt-get install firefox-3.5

untuk langkah-langkah diatas dibutuhkan koneksi ke internet. untuk cara yang offline masih cari2, kayaknya pake file tar.bz2-nya.dan ternyata cara diatas berhasil.

Untuk membukanya klik Aplication - Internet - Shiretoko Web Browser dan ini adalah postingan saya pertama pake firefox 3.5.

Btw menurut saya yang awam sih kayaknya sama saja, pake versi 3.0 ato versi 3.5 sama saja, nggak bisa bedakan he he he

Oh ya, sudah ketemu cara upgrade tanpa internet menggunakan file tar.bz2 hasil download di posting ini

Posting berkaitan dengan :



0 komentar:

Posting Komentar